Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Solar Cell Atau Sel Surya

panel surya

panel suryaSolar cell atau lebih dikenal dengan sebutan sel surya merupakan bentuk divasi yang dapat digunakan untuk mengkonversi energi matahari secara langsung menjadi bentuk energi. Dengan kata lain, sel surya ini adalah pemeran utama yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan potensi yang berasal dari cahaya matahari. Sebagai sistem dari tenaga sel surya ini termasuk alat yang cukup efisien untuk digunakan oleh masyarakat khususnya dalam dalam mengambi keuntungan serta manfaat matahari sehingga lebih bernilai ekonomi dan ramah lingkungan tentunya.

Saat ini sel surya tidak hanya digunakan pada perumahan di kota-kota besar saja, tetapi banyak pula dimanfaatkan di kawasan daerah terpencil atau bahkan kawasan yang memang kekurangan asupan energi listrik. Dalam perkembangannya itu sendiri, sel surya mengalami banyak perubahan, hingga muncullah beragam jenis sel surya yang berbeda, dimulai dari sel surya pada generasi pertama, kemudian generasi kedua, ketiga, hingga keempat. Setiap generasi tersebut hadir dengan bagian penyusun serta struktur sel yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Namun dari sekian banyak generasi sel surya tersebut tentunya terdapat kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya, berikut ini adalah beberapa bentuk kelebihan serta kekurangan tersebut, diantaranya :

  • Ramah lingkungan

Sel surya dikenal sebagai produk ramah lingkungan karena tidak menimbulkan dampak buruk seperti halnya perubahan iklim.

  • Memanfaatkan energi matahari

Dengan menafaatkan energi matahari, maka siapa pun yang ingin menggunakannya dapat menikmati hasilnya dengan lebih mudah.

  • Mudah dipasang

Sel surya dikenal mudah untuk dipasang, lebih dari itu ia juga dikenal dengan perawatannya yang tidak membutuhkan biaya tinggi.

Selain beberapa bentuk kelebihan di bagian atas tadi, sel surya juga dikenal dengan beberapa kekurangan, diantaranya :

  • Relatif mahal

Dikenal mampu menghemat keuangan anda dalam penggunaannya, sel surya seringkali ditawarkan dengan harga tinggi.

  • Masih memerlukan peningkatan

Dalam penggunaannya sel surya masih membutuhkan peningkatan, sehingga energi matahari yang dihasilkan pun tidak akan sia-sia dan berubah menjadi panas.

  • Over heating

Jika pemasangan sel surya dilakukan dengan asal-asalan, maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan over heating atau panas berlebih dalam penggunaannya. Oleh karena itu Anda harus memilih plts rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan daya yang tersedia agar tidak terjadi over heat. Banyak tersedia ragam paket plts rumah, seperti paket plts rumah 5000 watt hingga paket plts rumah 10000 watt. Bijaklah dalam memilihnya.

  • Kerusakan lingkungan

Jika anda berniat untuk melakukan daur ulang sel surya pastikanlah untuk melakukan hal tersebut dengan lebih hati-hati. Karena jika terjadi kesalahan, maka hal tersebut pun dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.