4 Macam Beasiswa kuliah S2 Di Belanda

kuliah di belanda

Ingin kuliah S2 di belanda namun tidak memiliki biaya untuk bersekolah di luar negeri? Tidak perlu khawatir karena untuk saat ini informasi mengenai beasiswa itu sendiri sangat mudah untuk bisa anda dapatkan, hal ini tidak lepas dari penggunaan jaringan internet yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat tidak terkecuali para siswa yang hendak mencari beasiswa ke luar negeri lebih tepatnya ke negara Belanda. Di negara Kincir tersebut terdapat beberapa jenis beasiswa yang cukup populer dan banyak dikenal masyarakat luas Indonesia. ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Beasiswa StuNed

Studeren in Nederland atau lebih dikenal dengan sebutan StuNed  ini merupakan bentuk dari program beasiswa yang telah di dirikan oleh pemerintah Belanda. Beasiswa ini secara khusus ditujukan untuk mendanai studi dari para pelajar yang berasal dari Indonesia, khususnya untuk meraih gelar master (S2) serta short course. Beasiswa ini juga dikenal sebagai beasiswa berbasis pada prestasi terfokus pada keunggulan di bidang akademik, karir, hingga penghargaan dan juga prestasi lainnya. bahkan beasiswa ini menyediakan hampir 200 hingga 250 bentuk beasiswa full bagi para calon mahasiswanya

2. Beasiswa NFP

NFP atau beasiswa Netherlands Fellowship Programme yaitu bentuk beasiswa yang juga secara khusus ditujukan bagi calon mahasiswa di seluruh penjuru dunia termasuk pula Indonesia. Untuk jenis beasiswa kuliah yang ditawarkannya iu sendiri terdiri dari beasiswa s2 belanda, s3 serta short course. Bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa ini sebaiknya perhatikan beberapa point penting yang berkaitan dengan persyaratan yang dimilikinya, yaitu pengalaman kerja dengan waktu kumulatif minimal 3 taun, kemudian tidak sedang bekerja di organisasi yang umumnya memiliki kemampuan untuk program pengembangan staf dan lainnya.

3. Beasiswa OTS

Beasiswa OTS atau Orange Tulip Scholarship merupakan bentuk kolaborasi antara pihak Nuffic Neso Indonesia dengan institusi dari pendidikan tinggi yang ada di Belanda serta pihak perusahaan swasta. Jika tahun sebelumnya OTS menyediakan sekitar 40 beasiswa dengan jumlah total 400.000 euro bagi kandidat mahasiswa asal Indonesia, maka untuk tahun ini disediakan sekitar 39 skema dalam bentuk beasiswa bagi 69 calon mahasiswa penerimanya. Dengan kata lain jumlah yang ditawarkanya pun lebih meningkat atau berkisar pada hitungan jumlah 713.250 euro dan setara dengan nilai Rp 11, 2 miliar lebih.

4. Beasiswa Dikti-PhD Special Channel

Jenis beasiswa yang satu ini merupakan bentuk beasiswa yang dihasilkan dari kerja sama antara pihak DIKTI dengan Nuffic Neso Indonesia, yang mana berbentuk beasiswa finansial dan ditujukan bagi para dosen tetap di kawasan Kementrian Riset, kemudian Teknologi, serta Dikti atau Kemristekdikti guna melanjutkan studi dengan program doktoral di negara Belanda. Dengan kata lain, bagi anda yang ingin mendapatkan jalur beasiswa yang satu ini maka anda harus menjadi nominasi dari sosok profesor Belanda. Untuk beasiswa ini juga dibuka sepanjang tahunnya oleh pihak DIKTI.

Dari penjelasan di atas tadi tentunya anda dapat melihat bahwa peluang beasiswa yang ditawarkan oleh Belanda lebih banyak ditujukan untuk short course serta tingkat s2 dibandingkan dengan beasiswa belanda s1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.