Mau Kuliah S2 di Luar Negeri? Ini Syaratnya!

syarat kuliah S2 di Luar Negeri

Kuliah S2 di luar negeri sekarang ini sudah bukan merupakan mimpi belaka. Sudah banyak sekali jalur untuk bisa kuliah gratis di luar negeri bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk hidup di sana. Karena sekarang juga sudah ada banyak beasiswa yang mengadakan program full. Mulai dari biaya asuransi, kuliah, akomodasi, dan juga biaya untuk hidup di sana. Namun ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan bila Anda ingin kuliah S2 di luar negeri.

  1. Tentukan Negara

Kuliah di luar negeri Anda harus memiliki tujuan terlebih dahulu di negara manakah Anda ingin kuliah. Apakah negara itu ada kaitannya dengan apa yang ingin Anda pelajari, misalnya Anda ingin mempelajari bahasa jerman, maka Anda harus memilih kuliah di jerman, karena dengan begitu Anda akan praktik lebih banyak bila tinggal di negara tersebut.

  1. Pilih Universitas

Setelah menentukan di negara mana Anda ingin kuliah, saatnya melakukan research. Bagi Anda yang masih fresh graduate wajib hukumnya untuk melakukan research mengenai universitas yang ada di luar negeri. Ini ada kaitannya dengan jurusan yang akan Anda pilih. Research bisa Anda lakukan dengan searching di google atau mengunjungi website resmi daftar universitas yang Anda inginkan. Dengan mengunjungi website Anda akan mengetahui adanya beasiswa kuliah S2 di luar negeri yang terinformasikan pada masing-masing website.

  1. Baca review tinggal di luar negeri

Tinggal di negara orang akan sangat berbeda dengan tinggal di negara sendiri, hal ini dipengaruhi oleh perbedaan budaya yang berbeda di setiap negara. Perhatikan syarat ini supaya nantinya Anda tidak shock bila sudah sampai sana.

  1. Persiapan matang

Bila Anda ingin memperoleh beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, pastinya lembaga penyedia beasiswa akan memilih mereka yang memiliki nilai bagus dan memiliki kelebihan dibanding orang lain. Oleh sebab itu bagi Anda yang masih belum lulus S2 harus mempersiapkan matang-matang supaya Anda bisa mendapatkan nilai yang bagus. Sehingga kemungkinan lolos menjadi lebih besar. Selain itu, Anda harus mempersiapkan segala persyaratan yang harus Anda siapkan.

  1. Cari orang yang pernah mendapatkan beasiswa

Mungkin teman Anda pernah mendapatkan beasiswa atau Anda bisa mencari teman yang pernah mendapat beasiswa S2. Dengan mempunyai kenalan, Anda dapat menanyakan tentang tips dan trik supaya bisa lolos dan mendapatkan beasiswa. Seperti menuliskan esay, dan kalimat apakah yang tepat diucapkan saat Anda diwawancara, dan berbagai hal yang berkaitan dalam kelolosan seleksi beasiswa.

  1. Cari lembaga beasiswa

Nah setelah semua sudah dilakukan, saatnya Anda mencari lembaga beasiswa kuliah S2 yang Anda minati. Ini merupakan langkah bagi Anda untuk segera mewujudkan mimpi Anda. Itulah informasi mengenai persiapan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.