Makanan Herbal Pelancar ASI

Ibu Menyusui Membutuhkan Makanan Herbal Pelancar ASI

Di tengah kebahagiaan akan kedatangan sang buah hati, tentu sudah menjadi tugas ibu untuk bisa memberikan segala yang terbaik demi dia. ASI adalah pilihan yang tepat, karena secara alami, ASI memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi hingga berusia 2 tahun. Bahkan, enam bulan pertama saja, bayi ini hanya mengkonsumsi ASI.

Ibu yang baik tentu juga memikirkan hal tersebut, dia selalu berupaya sehingga produksi ASI bisa lancar. Dan untuk mendukung ibu, berikut kami informasikan beberapa makanan herbal pelancar ASI yang bisa dikonsumsi. Keamanan makanan ini terjaga karena berasal dari bahan-bahan alami yang juga memiliki efek baik untuk kelancaran ASI.

Beberapa makanan herbal pelancar ASI yang bisa dikonsumsi ibu menyusui antara lain :

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang akan membantu pembentukan energi di dalam tubuh sehingga nantinya bisa digunakan untuk memproduksi ASI. Selain itu, kandungan vitamin yang ada di dalamnya, terutama vitamin B1 baik untuk menjaga stamina sang ibu yang sedang dalam masa menyusui. Kandungan lain yang juga baik untuk kesehatan adalah fosfor, zat besi, kalium, mangan, dan juga magnesium.

  1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu menyusui. Vitamin A dan C, kalium serta asam folat yang dimilikinya baik untuk memenuhi kebutuhan ibu. Kadar air dalam buah semangka yang cukup tinggi juga sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang dibutuhkan ibu sekaligus memperlancar produksi ASI.

  1. Daun Katuk

Daun katuk menjadi makanan yang sudah turun temurun dikenal dapat memperlancar produksi ASI. Salah satu kandungan penting yang menyebabkan daun katuk digolongkan menjadi herbal pelancar ASI adalah adanya asam seskuiterna yang dapat memperlancar produksi dan keluarnya ASI. Selain itu, kandungan lain seperti protein, kalium, vitamin C, fosfor, dan zat besi juga baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh sang ibu. Mereka yang mengkonsumsi daun katuk selama masa menyusui dipercaya dapat mengalami peningkatan produksi ASI mencapai lima puluh persen.

  1. Labu Siam

Selain semangka yang memiliki kandungan asam folat yang baik, ada juga labu siam yang tercatat memiliki kandungan asam folat, kalium, magnesium, mangan, vitamin C, vitamin B6, dan juga zinc. Asam folat berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, nutrisi sel saraf, serta perkembangan jaringan lain pada bayi. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu menyusui untuk rutin mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, karena akan berpengaruh baik pada tumbuh kembang buah hatinya.

  1. Air Putih

Air putih adalah kebutuhan utama yang kadang sering terlupakan. Usahakan bagi para ibu menyusui, sesibuk apapun selalu rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini tentu akan mempengaruhi kelancaran ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.