Cara Menghitung Total Harga Genteng Baja Ringan

Tips menghitung harga genteng baja ringan

Sebelum memutuskan menggunakan genteng baja ringan sebagai material bangunan, ada baiknya mengetahui dulu cara perhitungannya. Dengan perhitungan total Harga Genteng Baja Ringan yang benar, diharapkan biaya bangunan tidak melenceng jauh dari dana yang dimiliki. Berikut ini cara caranya.

  1. Mempersiapkan sketsa

Sebelum memasang genteng baja ringan, hal yang perlu dilakukan adalah menggambar sketsa atap terlebih dahulu. Gunanya mempersiapkan sketsa adalah demi mempermudah langkah selanjutnya yaitu untuk memperkirakan dan menghitung seberapa luaskah nantinya atap rumah yang akan dibangun. Menggunakan sketsa juga membantu dalam hal memperjelas seperti apa gambaran model atap yang di inginkan.

Proses penggambaran sketsa tidak boleh asal, melainkan dengan detail yang sangat rinci. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam penggambaran sketsa adalah seberapa luas, tingkat kemiringan, dan apakah gambar sketsa itu masuk akan untuk direalisasikan. Dalam mempersiapkan sketsa ini tentunya dibutuhkan oleh para ahli bangunan.

  1. Cara menghitung luasnya atap rumah

Dengan menggambar sketsa yang benar dan detail, maka sekarang bisa diketahui kira kira berapa tingkat kemiringan atap. Tingkat kemiringan atap adalah salah satu komponen dari rumus perhitungan luas atap. Luas atap rumah dapat dihitung dengan rumus panjang rumah ditambah dengan overstek (umumnya pakai 0,5 m ditambah 0,5 m karena ada sisi kanan dan kiri) lalu dikalikan dengan penjumlahan antara lebar rumah ditambah dengan overstek kanan dan kiri (0,5 m kanan, dan 0,5 m kiri) dibagi dengan cosinus dari derajat kemiringan atap rumah. Misal jika panjang rumah adalah 6 m, dan lebarnya 10 m dengan derajat kemiringan atap adalah 30 derajat. Maka total luas atap rumah atau LAR adalah sekitar 88,92 meter kubik atau bisa dibulatkan menjadi 89 meter kubik.

  1. Menghitung total biaya

Dalam menghitung total biaya pembangunan atap anda perlu mengetahui berapa besarnya LAR yang dapat dihitung dengan rumus diatas. Selain mengetahui seberapa LAR atap rumah, kini informasi lain yang dibutuhkan adalah informasi harga genteng baja ringan itu sendiri. Misalkan harga genteng baja ringan adalah 100.000 per meter kubik dan harga baja ringan yang akan digunakan sebagai rangka adalah 150.000 per meter kubik maka perhitungannya adalah sebagai berikut ini.

LAR dikalikan dengan harga baja ringan per meter kubik lalu ditambahkan dengan hasil perkalian antara LAR dengan harga genteng baja ringan per meter kubik. Jadi misalkan kita menghitung rumus perhitungan tadi dengan LAR sebelumnya yaitu 89 meter kubik, dan harga rangka baja serta genteng baja ringan sesuai dengan yang diatas maka total biaya yang dibutuhkan adalah sekitar 22 juta Rupiah saja. Rumus tadi dapat dihitung oleh orang awam sekalipun.

Dengan mengetahui cara menghitung total Harga Genteng Baja Ringan diharapkan kita tidak lagi terkena tipu daya kontraktor bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.