FUNGSI Utama Debat Capres Dan Cawapres

Salah satu berita pemilu yang sangat ditunggu masyarakat dalam masa kampanye adalah debat capres dan cawapres. Pada Pemilu 2019 ini debat tersebut akan berlangsung sebanyak lima kali dengan tema yang berbeda-beda.

Tujuan Utama Debat Capres Dan Cawapres

Pada dasarnya tujuan digelarnya debat capres dan cawapres adalah untuk mengetahui siapakah kandidat yang paling memahami permasalahan bangsa. Selain itu, mereka juga sudah memiliki solusi terbaik guna mengatasi segala masalah tersebut. Dengan begitu, apa yang disampaikan harus bisa dicerna oleh semua kalangan masyarakat.

Kali ini ada usulan debat dengan menggunakan bahasa Inggris. Banyak pro dan kontra atas usulan tersebut. Namun, presiden dan wakilnya sejatinya adalah simbol bangsa dan negara. Jadi seharusnya bisa menggunakan bahasa nasional. Selain itu, penggunaan bahasa Indonesia juga akan mudah dipahami oleh rakyat.

Oleh karena biasanya acara ini disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi nasional. Sehingga setiap orang bisa menyaksikan langsung, bagaimana pengetahuan dan langkah nyata yang dilakukan oleh setiap kandidatnya.

Pada acara debat tersebut harus fokus pada berbagai isu penting yang membelit bangsa Indonesia. Permasalahan itu bisa seperti sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, tenaga kerja, hutang negara, dan lain sebagainya. Permasalahan negeri ini memang kompleks, karenanya harus menuntaskannya dengan cara yang paling bijak.

Menilai Kecakapan Kandidat Melalui Acara Debat

Memang melalui acara debat kandidat tersebut tidak bisa menjamin kalau nantinya yang berhasil  terpilih bisa lebih baik kinerjanya. Namun dari berbagai opini dan janji yang diberikannya bisa menjadi pedoman penting setelah menjabat. Masyarakat berhak menagih janji kalau belum juga terealisasi.

Untuk itu, setiap kandidat tidak bisa sembarang umbar janji. Hanya untuk memikat rakyat tapi tidak pernah dipikirkan sebelumnya secara matang. Apalagi bisa merealisasikannya sesuai janjinya. Perdebatan yang digelar tentunya sangat positif. Sekaligus bisa menjadi bahan pertimbangan bagi rakyat yang masih bingung dalam menentukan calon pemimpinnya kelak.

Kecakapan dalam mengamati permasalahan dan memberikan solusi paling relevan bisa menjadi pertanda pemahaman kandidat pada sebuah masalah. Tentunya acara ini bukan untuk saling menyerang, tapi saling memberi solusi terbaik bagi negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.