Ini Dia Rumus Dan Cara Menghitung Baja Yang Tepat!

Pemasangan atap baja ringan

Baja ringan taso kini sudah semakin populer di dalam industri pembangunan. Brand dari baja ringan ini sendiri merupakan sebuah terobosan baru yang menggunakan baja yang kuat namun memiliki bobot berat yang ringan. Proses pemasangan dengan baja ini sendiri sangat cepat dan mudah dengan daya tarik yang tinggi berkisar 550mpa. Penggunaan rangka atap baja ringan ini memiliki banyak keuntungan dan keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Namun ada baiknya jika Anda mengetahui cara menghitung baja yang baik dan juga tepat agar tidak berdampak buruk.

Menggunakan Metode 

Dalam menghitung rangka atap baja ringan taso bisa menggunakan dua metode yaitu manual dan juga bisa menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Langkah yang harus digunakan saat menghitung dengan manual yaitu diperlukan ketelitian yang kuat. Metode manual terlihat lebih sulit namun tampak lebih jelas dalam perhitungan dibandingkan dengan aplikasi penghitung. Metode aplikasi sendiri digunakan untuk mempersingkat waktu dan untuk menghitung secara instan namun tetap dibutuhkan kejelian dan pemahaman yang tepat.

Buatlah Sketsa Bangunan Dan Hitung Biaya

Pembuatan sketsa bangunan ini berfungsi untuk mengetahui ukuran atap dan lain-lain. Setelah itu hitung bangunan tadi menggunakan rumus satuan m2. Menghitung luas atap dengan kalkulasi yang sesuai kebutuhan. Selain itu perhitungan sketsa bangunan ini berfungsi untuk mengetahui jumlah baja dan kerangka atap lainnya. Biasanya dalam pembuatan sketsa ini para pekerja akan membuat pertimbangan mengenai ukuran, jumlah, dan juga luas yang dibutuhkan agar sesuai dengan keinginan.

Rumus menghitung biaya atap yaitu :

  • Biaya = (luas satuan atap m2 x harga baja per m2) + (luas unit atap m2 x harga penutup atap)

Fungsi perhitungan pada sketsa ini untuk meminimalisir terjadinya kekeliruan saat membeli baja sekaligus untuk mengetahui total keseluruhan dari harga baja.

Gunakan Rumus Penghitung Baja

Penghitungan biasanya menggunakan rumus-rumus sederhana namun cukup sulit. Hitunglah baja dengan satuan rumus persegi yang tepat seperti ini :

Volume = (panjang + overstek genteng) x (lebar + overstek) / cos derajat kemiringan genteng.

Rumus kebutuhan genteng dengan ukuran (2×4) :

  • luas kemiringan atap x 1,62

Rumus kebutuhan pada rangka atap baja ringan taso yaitu ada pada canal atau kaso dan juga reng.

  • Pasa canal rumus yang digunakan : luas miring atap x 4/6
  • Pada reng dengan rumus : banyaknya kaso : 1,2

Kebutuhan pada sekrup juga dibagi menjadi dua yaitu sekrup baja dan sekrup genteng dengan masing-masing rumus :

  • Sekrup baja : luas kemiringan pada atap x 20
  • Sekrup genteng : jumlah genteng x 12

Atau Anda bisa menghitung dengan cara lain yaitu :

(Volume atap x harga baja per m2) + (volume atap + harga penutup atap per m2)

Dengan perhitungan rangka atap baja ringan taso yang tepat akan meminimalisir terjadinya kesalahan saat pemasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.